MLM Fantastis VS MLM Murni

Sebelum anda memutuskan untuk bergabung di bisnis MLM (networking) ada baiknya anda bisa membedakan antara MLM Fantastis dengan MLM Murni, hal tersebut penting agar anda tidak terjebak dalam bisnis pyramida atau money game yang sangat marak akihr-akhir ini seiring dengan perkembangan teknologi internet. Berikut saya uraikan beberapa perbedaan antara MLM Fantastis dengan MLM Murni:

MLM FANTASTIS

1. Dijanjikan dalam waktu cepat dapat uang dan gampang. Umumnya aliran binary (2 kaki) dan/atau money game.

2. Lebih fokus ke bagaimana dapat uang secara cepat dengan mengakali sistem (marketing  plan) yang ada.

3. Harga produk biasanya 10 kali lebih mahal dari yang ada di pasaran dan terkadang produk tidak terlalu dibutuhkan oleh konsumen.

4. Mendapatkan uang dari kita merekrut orang. Makin banyak merekrut, makin besar komisi yang akan didapatkan.

5. Tidak mempunyai ijin SIUP-L (ijin resmi usaha MLM dari Pemerintah Indonesia).

MLM MURNI (FM TERMASUK MLM MURNI)

1. MLM Murni adalah suatu bisnis dengan cara pendistribusian barang langsung ke konsumen tanpa melalui jalur distribusi yg panjang (contoh: barang tidak melalui agen tunggal, sub agen, sub-sub agen, supermarket/warung/toko) dan tanpa iklan. Tidak mempunyai sales penjual, tetapi distributorlah yang menjual langsung ke konsumen. Biaya iklan dan jalur distribusi, digunakan untuk mengurangi harga produk dan pemberian kompensasi komisi/reward utk distributor yang berprestasi membantu penjualan produk perusahaan. Kerja sama antar distributor di nilai oleh perusahaan sebagai tolok ukur prestasinya.

2. MLM MURNI mempunyai IJIN USAHA khusus, yaitu SIUP-L bukan SIUP (Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia: No. 32/M-DAG/PER/8/2008. http://www.bphn.go.id/data/documents/08pmdag32.pdf.

3. Biasanya (bukan keharusan) tergabung dalam asosiasi Penjualan langsung (Direct Selling). Di Indonesia ada APLI. Di Amerika ada DSA (Direct Selling Association). FM group Indonesia adalah anggota dari APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia).

4. Produk berkualitas dan Harga wajar atau lebih murah dari produk yang ada di pasaran, karena memotong jalur distribusi dan iklan. Distributor/member lah yang menjadi ujung tombak penjualan produk dari perusahaan.

5. Ciri utama adalah SISTEM komisi yang berjenjang. Mirip dengan keagenan. Makin besar penjualan suatu group, makin besar pula (secara nilai) komisi yang diberikan untuk group tersebut. Jadi Kerjasama antar team sangat dipentingkan disini.

Demikian semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menjalani bisnis networking. Salam wangi dan Sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MLM Fantastis VS MLM Murni"

Posting Komentar