Bergamot: Bukan Jeruk Biasa


(image from google)

Bergamot merupakan jenis jeruk yang banyak tumbuh di Italia. Bentuknya memang tak seindah jeruk lain. Tanaman ini memang dibudidayakan tidak untuk dikonsumsi, tetapi untuk dibuat esence oil yang diakui memiliki banyak manfaat dan kegunaan.

Buah ini bisa jadi kurang dikenal diluar Calabria (Semenanjung Italia), tetapi, menurut sebuah narasumber, ”diantara para pakar, bergamot sangat tinggi nilainya”. Aroma buahnya dapat ditemui bukan hanya pada parfum, melainkan juga pada produk-produk seperti sabun, deodoran, pasta gigi, dan krim. Sebagai penyedap makanan, essence bergamot digunakan pada es krim, teh, permen, dan minuman. Karena bisa mencokelatkan kulit, bergamot digunakan dalam produk-produk yang membantu pencokelatan itu. Bergamot mengandung zat antiseptik dan pembasmi bakteri, yang dimanfaatkan industri farmasi sebagai disinfektan untuk operasi, penyakit mata dan kulit. Pektin bergamot, suatu zat pengental yang ampuh, juga digunakan dalam preparat pembeku darah dan antidiare.

Para analis telah menemukan adanya sekitar 350 komponen dalam esense bergamot, yang ikut menghasilkan wewangian yang unik serta berbagai ciri lainnya. Semuanya dalam satu buah ini saja! 

Bergamot menghadirkan aroma jeruk dan bunga, lebih komplek dibanding jeruk lainnya. Wanginya yang segar dan manis membuat bergamot sering digunakan dalam industri parfum, terutama pada aroma lapisan atas. Wewangian jenis chypre dan fougere tidak bisa dibuat tanpa minyak bergamot.




Bergamot juga banyak digunakan sebagai aromaterapi karena bersifat anti-depressant dan relaxant. Jadi, mencium aroma bergamot dapat membuat tenang seorang yang tengah panik atau cemas. Beberapa wewangian FM dengan kandungan minyak bergamot, beberapa diantaranya FM 302, FM 83 dan FM  80.

Selain itu banyak orang yang menggunakan bergamot sebagai infus water, yang dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan sebagai anti oksidan penangkal radikal bebas dan rasanya yang menyegarkan. Buat penderita maag saya sarankan jangan sering-sering minum bergamot ini, bisa-bisa kumat asam lambungnya karena rasanya yang sangat asam.

Nah jadi Anda mau coba yang mana? minuman bergamot atau parfum bergamot? Kalau saya sih keduanya :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bergamot: Bukan Jeruk Biasa"

Posting Komentar