Apa itu APLI? Mengapa Anda Harus Tahu? Yuk Kita Simak


Bagi anda yang berkecimpung di dunia penjualan langsung (direct selling) istilah APLI mungkin sudah familiar, akan tetapi beda bagi anda yang belum tahu, apa sih itu APLI? Apa pentingnya mengetahui perusahaan-perusahaan yang secara resmi tergabung dalam APLI? Tentunya banyak hal yang harus anda ketahui sebelum terjun ke dunia penjualan langsung, agar anda bisa menjalankan bisnis penjualan langsung secara legal, aman, dan memberikan kepastian hukum sesuai dengan peraturan di Republik Indonesia negara kita tercinta. Baik, yuk kita bahas.

APLI adalah singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia adalah satu organisasi tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan sistem berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia.

Dalam Bahasa Inggris, APLI diterjemahkan menjadi IDSA, singkatan dari Indonesian Direct Selling Association. 

APLI telah menjadi Anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN INDONESIA), dengan nomor anggota 20203.18688-6/04-09-1995 dan diakui oleh Pemerintah/Departemen Perdagangan. 

APLI, juga merupakan bagian dan satu-satunya Asosiasi Penjualan langsung di Indonesia yang telah diakui oleh Federasi Penjualan Langsung Internasional (World Federation of Direct Selling Assosiation/WFDSA). 

Disetiap Negara WFDSA hanya menerima satu asosiasi DS/MLM sebagai anggota yaitu Asosiasi yang anggota-anggotanya memenuhi persyaratan kode etik yang ditentukan oleh WFDSA Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), merupakan organisasi independent, yang tidak berafiliasi dengan salah satu kegiatan politik praktis, lebih kepada kegiatan professional dalam  mewujudkan Penjualan Langsung (Direct Selling), termasuk penjualan dengan system berjenjang (MLM) yang murni dan benar.

PROSES REKRUT PERUSAHAAN ANGGOTA APLI

Dalam rekruting anggota, APLI cukup ketat. Terhadap calon anggota, akan diteliti dengan cermat bagaimana tentang marketing plan dan Kode Etik perusahaan. 

Untuk produk makanan kesehatan dan kosmetika, harus ada nomor registrasi dari Badan POM. 

Cara rekruting seperti ini bukan berarti untuk menyulitkan perusahaan DS/MLM yang mau bergabung dengan APLI, melainkan hanya untuk menangkal lebih dini terhadap perusahaan yang hanya berkedok DS/MLM, namun dalam kenyataanya perusahaan tersebut melakukan praktek money game.

Untuk menjadi anggota APLI, persyaratan yang harus dipenuhi adalah:
  • Marketing Plan yang tidak berbentuk piramida dan bukan money game
  • Kode Etik yang tidak bertentangan dengan Kode Etik APLI
  • Ada barang atau jasa yang secara nyata diperjual belikan sampai ke tangan konsumen.
  • Pendapatan harus diperoleh dari hasil penjualan barang/jasa, bukan dari rekruting mitra usaha. saja
  • Berbentuk Badan Hukum Perseroan Terbatas, memiliki NPWP dan SIUPL.
PT. Family Members Group Indonesia adalah perusahaan yg menaungi kegiatan usaha FM Group World dan distributor nya di Indonesia, yang juga anggota APLI, mempunyai ijin SIUP-L, dan semua produk nya ada ijin BPOM dari Kementrian  Kesehatan RI. Ingin mengunjungi situs APLI? Klik Disini

Dengan begitu, yang menjadi Distributor FM Group Indonesia dilindungi secara hukum untuk melakukan kegiatan menjual produknya di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu APLI? Mengapa Anda Harus Tahu? Yuk Kita Simak"

Posting Komentar