Sekilas Tentang Alkohol Denat Pada Parfum Federico Mahora


Salamwangi.biz - Saat memperkenalkan parfum Federico Mahora saya sering mendapatkan pertanyaan, apakah Alkohol Denat pada parfum FM Halal? Fakta di lapangan menunjukan bahwa semua parfum yang beredar dipasaran baik yang ber-merk sampai refill/KW bisa Anda cek tidak ada labelisasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), karena alkohol pada parfum hanya digunakan pada pemakaian luar saja, tidak untuk dimakan dan tidak memabukan.


Beberapa merk parfum terutama yang ber-merk/branded seperti parfum Federico Mahora telah mengantongi izin dari Kementerian Kesehatan melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu produk-produk perawatan bayi seperti shampoo, sabun, pelembab dan lain-lain dari merk ternama yang ada dipasaran banyak yang menggunakan alkohol denat sebagai bahan penyusunnya. Coba sesekali Anda cek di pasar swalayan, produk-produk perawatan bayi tersebut juga menggunakan alkohol denat sebagai bahan pelarut yang aman bagi kulit bayi sekalipun.


Sebenarnya halal atau haramnya suatu Parfum bisa dilihat dari bahan-bahan penyusunnya, beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dalam meracik parfum biasanya menggunakan bahan-bahan dari alam atau bahan-bahan sintetik yang memiliki kemungkinan mengandung zat/bahan yang berbahaya atau bahan tidak halal. Salah satu bahan dari Alam, diantaranya adalah lemak hewan sejenis musang (Civet). Civet memberikan kesan tertentu pada parfum, dan menghasilkan nuansa maskulin. Sumber lemak hewan sebagai bahan penyusun parfum seperti Musang/Civet harus dikaji lebih lanjut apakah hewan ini halal atau tidak. Dan proses cara memperolehnya harus diketahui apakah disembelih secara syar'i sesuai tuntunan Islam atau tidak (sumber: republika.co.id). 

Saat ini dipasaran banyak juga beredar parfum-parfum yang di klaim non alkohol atau tidak mengandung alkohol. Pertanyaannya sekarang adalah apakah parfum non alkohol tersebut kita mengetahui cara pembuatannya? Apakah parfum non alkohol tersebut sudah mendapat izin edar dari BPOM? Jika IYA saya sarankan anda untuk membelinya.

(FM World Uni Emirates Arab)

Saat ini industri parfum dan kosmetik Dunia telah memperhatikan kebutuhan umat Islam. Perusahaan kelas Dunia seperti FM World dan lainnya telah menggunakan Alkohol Denat, yaitu alkohol (etanol) yang telah mengalami proses Denaturasi. Denaturasi merupakan proses penambahan zat lain pada etanol untuk menghilangkan sifatnya yang memabukan, sehingga tidak akan disalahgunakan sebagai minuman, melainkan hanya untuk pemakaian luar saja. Karena sifat memabukan dari etanol telah dihilangkan, maka alkohol denat tidak lagi termasuk dalam golongan khamar. Saat ini FM World telah beroperasi di Negara-negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, termasuk Uni Emirates Arab (UAE), Qatar, Lebanon, Malaysia serta Indonesia. Bukti bahwa FM World memperhatikan kebutuhan Umat Islam dengan memproduksi dan mendistribusikan produk-produk parfum dan kosmetik berkualitas dan sangat menjunjung tinggi serta mematuhi kode etik/peraturan disetiap Negara.

 (FM World Uni Emirates Arab)

Disunting dari harian Republika LPPOM MUI menjelaskan, Alkohol berfungsi sebagai pelarut bahan-bahan essensial yang menghasilkan aroma tertentu. Banyak sekali bahan aroma parfum yang tidak larut dalam air, tetapi hanya larut didalam alkohol.

Karenanya, Alkohol merupakan salah satu alternatif terbaik dalam melarutkan bahan-bahan tersebut. Meski demikian, sejatinya antara alkohol atau disebut juga etanol, merupakan salah satu senyawa kimia yang bisa berasal dari berbagai macam bahan, misalnya fermentasi khamar, fermentasi non-khamar, tetapi juga secara alamiah terdapat dalam tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan matang.

Ini alasan yang mendasari bahwa alkohol secara teknis digunakan untuk keperluan non-pangan, seperti bahan sanitasi (dalam dunia laboratorium dan kedokteran) masih diperbolehkan. Sementara minuman keras atau khamar adalah suatu istilah untuk jenis minuman yang memabukan, sehingga Alkohol yang terkandung dalam khamar atau minuman keras diharamkan karena sifatnya yang memabukan.

(FM Group Uni Emirates Arab)

Berdasarkan ulasan diatas saya berkesimpulan, semua bahan yang digunakan dalam parfum Federico Mahora adalah aman, termasuk Alkohol Denat yang terkandung didalamnya. Alkohol Denat dibuat dari Fermentasi buah atau gandum dengan ragi, jadi tidak perlu ragu lagi, kegunaan alkohol di parfum hanya supaya parfum dapat disemprotkan ketubuh dan segera menguap sesaat berada dikulit kita. Coba sesekali kita buktikan saat membeli parfum, lihat kemasannya, jika yang terkandung alkohol denat saya anjurkan unuk membeli karena aman. Akan tetapi jika kandungannya adalah Methanol sebaiknya Anda pertimbangkan lagi untuk membelinya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sekilas Tentang Alkohol Denat Pada Parfum Federico Mahora"

  1. apabila pemisahan mareti dilakukan sebelum fermentasi, maka produk itu suci dan dapat dihukumi halal. Dan apabila pemisahan materi tersebut dilakukan setelah fermentasi, meskipun tidak ditemukan sifat khamar (memabukkan) di dalamnya, maka hukumnya tetap najis dan haram. sumber : http://www.masjidistiqlal.or.id/Kajian/tabid/976/ID/6086/Produk-Turunan-Khamar-dan-Hukum-Mengonsumsinya.aspx#Comment5498

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Ahmad atas copasnya dari artikel tersebut, jika kita membaca secara keseluruhan artikelnya, yang dibahas di artikel tersebut adalah Khamr dan turunannya, sedangkan komposisi parfum secara umum adalah bukan dari Khamr, yang sifatnya memabukan, tapi berasal dari sari buah dan tumbuh-tumbuhan. Banyak pendapat ulama yang memperbolehkan penggunaan parfum, seperti halnya penggunaan alkohol untuk membersihkan luka didunia kedokteran atau untuk mensterilkan tangan dari bakteri. Mungkin perlu di simak artikel berikut ini:
      http://m.republika.co.id/berita/ensiklopedia-islam/fatwa/10/05/15/115719-wewangian-mengandung-alkohol-bolehkah-digunakan

      Hapus