Mengenal Istilah Keluarga Parfum, Fragrance Family, Fragrance Wheel

parfum federico mahora, parfum fm, keluarga parfum

Sama halnya ketika kita berbicara Fashion, misal dalam memilih warna baju, sepatu, jam tangan dan lain-lain, semudah juga kita memilih kelompok aroma parfum dengan menggunakan fragrance wheel. Cara ini sangat efektif untuk merekomendasikan atau memilih parfum, layaknya konsultan parfum professional.


Tiap parfum atau fragrance bisa kita golongkan ke dalam kelompoknya masing masing. Ada 7 besar kelompok parfum yang disebut sebagai fragrance family atau keluarga parfum, yaitu: 
  1. FOUGERE dibaca foo-jeer 
  2. FLORAL 
  3. ORIENTAL 
  4. CHYPRE dibaca sheep-'r 
  5. WOODY 
  6. CITRUS 
  7. WATER

Setiap kelompok aroma memiliki keistimewaan masing-masing, Anda bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, rasakan harumnya dan pilih yang Anda suka. Berikut saya ulas secara mendalam setiap kelompok aroma tersebut.

1. FOUGERE (Maskulin dan Menggoda)

(Sumber gambar: dapperconfidential.com)

Fougere berasal dari bahasa Perancis yaitu FERN yang merupakan salah satu kelompok aroma maskulin dengan bahan dasar lavender, kacang torika dan oakmoss. Fougere merupakan aroma mewah, perpaduan moss dan cemara yang hijau, segar dan hangat yang memikat serta menggoda. Parfum Fougere serupa dengan wewangian wanita yaitu Chypre. Aroma yang berkarakter lembut, kering, kombinasi manis dan pahit, aroma tumbuhan yang menimbulkan kesan aroma kayu-kayuan dan rumput di padang belantara. Fougere menjadi salah satu aroma paling favorit untuk pria abadi, klasik dan sangat maskulin, sederhana dan sangat menggoda.

Kelompok Fougere dari brand terkenal adalah: Davidoff Cool Water, Lacoste Challenge, Hugo Boss Energise. Parfum Federico Mahora yang masuk kelompok Fougere adalah FM 225, FM 314, FM 43 yang semuanya merupakan Parfum Classic Collection for Homme dan Pure 464 koleksi parfum pure terbaru dari Federico Mahora.

2. FLORAL (Indah dan Feminin)

(Sumber gambar: midori-life.blogspot.com)

Floral Fragrance adalah salah satu yang paling populer. Universal, abadi, elegan, seksi, manis dan sensual. Floral fragrance memiliki karakter aroma lembut, segar sekaligus manis dan mempesona. Esensi wanita diekspresikan perpaduan cantiknya mawar, peony, melati dengan kesegaran buah-buahan dan kuatnya rempah-rempah yang eksotis. Parfum dengan aroma floral memiliki wangi yang didominasi satu bunga saja atau campuran dari beberapa bunga yang berbeda sehingga lebih lembut atau lebih intens. Seperti bunga dalam sehari mereka berkembang secara bertahap untuk mencapai penuh keindahannya hingga malam. Floral fragrance yang paling populer diantaranya adalah:

a. Aldehyde - Chanel No. 5 - Aroma yang paling terkenal dari aldehyde yang pernah diciptakan. Contoh: Pure 418FM 21 Classic Femme.
b. Green - DKNY Be Delicious - Keharuman yang sangat segar seperti apel hijau. Contoh: FM 81 Classic Femme. 
c. Fruity - Paris Hilton - Kombinasi seksi dari melon, persik dan melati. Contoh: Pure 416, Pure 420 dan FM 17 Classic Femme. 

3. ORIENTAL (Kuat dan Bergairah)


(Sumber gambar: dmarge.com)

Fragrances ini berasal dari bahan-bahan yang terdapat di Timur Tengah dan Asia seperti rempah-rempah kapulaga, kayu manis, vanili, lada/aroma alam dan tanaman cendana, kayu jati, nilam, akarwangi/bunga anggrek, frangipani, jasmin atau cherry blossom. Aroma fragrance ini cenderung lebih kuat dan berani, sehingga sangat cocok digunakan malam hari, namun jika dikombinasikan dengan bunga, aromanya cenderung lebih lembut dan lebih sensual, sehingga juga dapat digunakan pada siang hari.

Aroma oriental hangat dan tahan lama, aroma yang sensual dan menggoda dengan perpaduan eksotis dari vanila yang manis, pedasnya kapulaga, misteriusnya dupa dan aksen kuat ambergris. 

Parfum FM yang masuk kategori oriental adalah FM 309, FM 354 keduanya Luxury Femme Collection, FM 326 Luxury Homme Collection dan Koleksi aroma Oriental parfum Pure Federico Mahora diantaranya adalah Pure 423, Pure 424, Pure 417, Pure 468, Pure 465, Pure 466.

4. CHYPRE (Sensual dan Menggoda)

(Sumber gambar: tyrelabbott.ca)

Chypre adalah nama yang diberikan kepada kelompok fragrance dengan kombinasi citrus yang dominan, kebanyakan bergamot, dengan middle notesnya labdanum dan oakmos untuk base notes. Nama Coty berarti Cyprus di Perancis (sebuah pulau dieropa). Chypre parfum membangkitkan aroma dari negara-negara Mediterania yang menyegarkan, hijau dan lembut. Chypre mengusung komposisi citrus mediterania-woody, diperkaya dengan kombinasi bunga dan buah yang pas, mengekspresikan keanggunan yang klasik dan manis. Chypre dikombinasikan dengan buah-buahan yang menggoda dengan aroma manis dari buah persik, jeruk dan stroberi. Siapa yang cocok menggunakannya? baik pria maupun wanita cocok menggunakannya, dan juga cocok digunakan pada siang dan malam hari.

Parfum Chypre/buah-buahan yang terkenal seperti Giorgio Armani Si, Miss Dior Cherie, Hugo Boss XY atau Gucci by Guccy. Parfum FM yang termasuk kelompok Chypre adalah FM 80 Classic Femme, FM 210 Classic Homme, dan FM 192 Luxury Femme. Koleksi aroma Chypre parfum Pure Federico Mahora diantaranya adalah Pure 421.

5. WOODY (agline: Modern dan Berkelas)

(Sumber gambar: ballooner.com.hk)

Woody Fragrance sangat cocok digunakan untuk pria dan wanita. Woody halus, hangat dan kuat, didominasi oleh aroma kayu yang berkelas. Fragrance ini bersifat unisex dan berasal dari wangi cendana yang sensual, harum kayu cemara dan vetiver, wangi kayu jati yang eksotik, pohon ara atau nilam. Dikombinasikan dengan buah citrus atau bunga menciptakan aroma yang tahan lama, aromatik dan mempesona. Cocok untuk wanita yang menginginkan aroma yang feminim, berani dan berkesan. Dapat digunakan diberbagai kesempatan dan woody fragrance sangat ideal untuk digunakan saat bekerja, meeting atau acara bisnis lainnya.

Parfum FM yang masuk kategory Woody adalah FM 319 Luxury Femme, FM 290 Luxury Femme dan FM 327 Luxury Homme. Koleksi aroma Woody parfum Pure Federico Mahora diantaranya adalah Pure 422, Pure 425, Pure 460, Pure 462, Pure 461, Pure 469.

6. CITRUS (Menyenangkan dan Aktif)


(Sumber gambar: midori-life.blogspot.com)

Citrus fragrances merupakan salah satu yang paling populer. memiliki aneka komposisi seperti lemon, jeruk bergamot, yuzu, mandarin dan jeruk. Kesegaran dari energi citrus merupakan kekuatan dari jeruk nipis, lemon, jeruk manis dan bergamot. Aroma yang ringan, segar dan berenergi, cocok digunakan pada hari yang cerah. Dapat dipadukan dengan green notes, cut grass, mint atau flowers. Menyegarkan, menggembirakan, menyemangatkan! Perpaduan yang sempurna.

Beberapa merk parfum terkenal dengan aroma citrus diantaranya: Calvin Klein ONE, Giorgio Armani Aqua di Gio atau D&G Light Blue.  Parfum Federico Mahora dengan aroma citrus: FM 57 (lemon, elegant), FM 134 (mandarin/light), FM 316 (orange/klasik), FM 06 (orange/fresh,discreet/light) dan FM 33 (lemon/energizing/cheerfull). Koleksi aroma Citrus parfum Pure Federico Mahora diantaranya adalah Pure 419, Pure 467.

7. WATER (Sejuk dan Inspiratif)


(Pure 463, Parfum Aroma Water)

Water fragrance memiliki perpaduan yang sejuk dan menyegarkan dari sea breeze, water flower dan rerumputan dilengkapi dengan note green dan metalic, yang dapat menyelimuti tubuh dengan nyaman dan ringan.

Parfum Federico Mahora yang masuk dalam kelompok aroma Water adalah FM 226 dan FM 451 keduanya parfum classic collection untuk pria. Koleksi aroma Water parfum Pure Federico Mahora diantaranya adalah Pure 463.

8. SPICY (Hot dan Sensual)


(Sumber gambar: shayandblue.com)

Spicy Fragrance yang hot dan sensual sangat ideal digunakan untuk mereka yang mempunyai gaya tersendiri dan mencari aroma yang unik untuk memperkuatnya. Spicy fragrance terbuat dari cengkeh, kunyit, pala, kayu manis, kapulaga dan vanili. Diperkaya dengan berbagai aroma bunga mawar atau melati atau jeruk sehingga menciptakan aroma yang menggoda, misterius dan seksi. 

Brand Spicy fragrance yang terkenal antara lain; Giorgio Armani-Mania, Chanel-Coco Chanel, Paco Rabane - One Million atau Carolina Herrera CH Men. Parfum Federico Mahora yang masuk kedalam kelompok Spicy adalah FM 177 Classic Femme, FM 224 Classic Home dan FM 199 Luxury Homme. Koleksi aroma Spicy parfum Pure Federico Mahora diantaranya adalah Pure 468 dan Pure 468.

Dalam mengenal berbagai jenis parfum dan keluarganya, memang perlu lebih banyak praktek, dengan mencium aroma tiap keluarga parfum yang berbeda, mana yg oriental, mana yang chypre, sambil buka-buka katalog. Makin sering kita mencium aromanya, makin familiar kita dengan karakteristik aroma masing-masing keluarga Parfum. Sehingga kita otomatis akan mendapatkan clue/kuncinya. Kalau sudah ketemu kuncinya tentu makin confident kita menjadi Federico Mahora Fragrance Consultan. Semoga tulisan ini membantu teman-teman dalam memilih aroma parfum. Salam wangi...  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Istilah Keluarga Parfum, Fragrance Family, Fragrance Wheel"

Posting Komentar