Kebangkitan Bisnis Generasi Millenial atau Bisnis KidsJamanNow


Istilah kidsjamannow menjadi populer akhir-akhir ini di era viral (digital), ini adalah istilah yang ears catching, aneh, unik langsung bak virus menular kemana-mana.  Kidsjamannow adalah generasi millenial, generasi yang mengisi 20-25% dari total penduduk  Indonesia.  Mereka membentuk pasar sendiri yang unik, bahkan ekonomi sendiri yang tidak dimengerti oleh generasi sebelumnya.  Cara-cara dan gaya hidup kidsjamannow telah mengubah cara kita berbelanja, membeli dan menjual.

Generasi dengan batas antara bermain dan bekerja menjadi tipis, generasi kidsjamannow awal adalah generasi yang sekarang banyak menjadi manager muda dibeberapa perusahaan besar, dan bahkan telah jadi CEO di perusahaan yang mereka bentuk (start up company).

Sejak kecil bahkan dalam kandungan mereka sudah akrab dengan peradaban computer dan Internet. Generasi ini mulai mendominasi diberbagai korporasi global sebut saja Google, Facebook dan industri di silicon Valeley di AS.  Bahkan di Indonesia mereka sudah memimpin dibeberapa perusahaan e-commerce terkemuka.   

Generasi ini bebas dan tak mau terikat pada suatu hal atau terkekang.  Bak burung mereka akan terbang dan singgah sebentar disebuah sarang yang dianggap nyaman, dan kemudian terbang lagi mencari kenyamanan baru. Mereka sangat terhubung dengan dunia khususnya social media, dan sangat akrab dengan perubahan teknologi digital, sehingga membuat mereka sangat cepat menerima perubahan.

Generasi nongkrong ini juga lebih suka kolaborasi daripada bersaing, lebih suka bekerja sebagai team, bahkan tak segan bekerja sambil nongkrong (ngopi-ngopi ganteng) sambil kerja, supaya relax dan fun, mal-mal yang penuh café adalah ruang kerja kebebasan mereka. Pantesan banyak mal-mal konvensional yang hanya menjual produk pakaian dan elektronik, kelimpungan bahkan tutup, kecuali mal-mal lifestyle tumbuh subur bak jamur dimusim hujan (gak ada matinya).    

Tak jarang akhir minggu (week end) menjadi sasaran mereka untuk traveling bareng ke sejumlah tempat, hebatnya tanpa planning yang lama, cukup dengan kelincahan jari mereka diatas gadget, mereka pergi keseluruh penjuru dunia hanya  sekedar update story dan update status/lokasi mereka, bahkan tidak segan-segan  bergaya turis backpacker. “Hanya untuk tidur, ngapain bayar mahal?”, Demikian slogan sebagian besar mereka.

Generasi yang telah menciptakan pasar hotel budget dan hostel berkembang disejumlah kota/daerah Wisata. Dengan Instagram, FB dan Path mereka terus meracuni banyak orang untuk bergaya traveling seperti mereka. TV telah lama mereka tinggalkan, karena dianggap tidak update dan acaranya membosankan, youtube menawarkan kecepatan info/berita, variasi tontonan dan tentunya didukung wifi yang ada dimana-mana.

Kidsjamannow memang berbeda, sambil ngafe mereka kerja, sambil kerja mereka youtube dan main game mobile legend, luar biasa!,  pulsa dan data bukan persoalan lagi, karena mereka telah berpindah dari basic need ke psychology need (Abraham Maslow Triangle). Waktu kerja yang flexible untuk mengakomodir gaya hidup kidsjamannow adalah salah satu solusi yang harus dibuat oleh perusahaan, sehingga mereka dibuka ruang untuk mengaktualisasikan diri mereka.

Bagaimana dengan career path buat mereka?, ayo kita lupakan cara-cara lama dengan urut kacang, tergantung senioritas.  Generasi yang pintar itu dapat berprestasi jika diberi tanggung jawab yang besar daripada mereka  kabur daripada menunggu senior promosi atau pensiun.

Hilangkan sekat-sekat ruang kerja, buat lebih terbuka dan biarkan setiap saat untuk mereka berdiskusi dan memberi saran kepada senior (tanpa ada penghalang) dan mulai hari ini hilangkan budaya “one man show”

Ya memang memusingkan, inilah perubahan dan inilah disruption, selamat datang kidsjamannow, sebagai senior Anda dipaksa untuk senantiasa learm, relearn and unlearn, innovative dan memiliki growth mindset.

Dalam hal berbisnis generasi millenial ini lebih terbuka terhadap hal-hal baru, mereka menerima ide, mencari ide baru, dan tidak takut mencoba hal baru, bagi mereka learning by doing lebih menajamkan pengalaman, hanya untuk membuktikan trial dan error. Kita bisa melihat bisnis berbasis aplikasi yang sedang marak saat ini dan sukses adalah hasil dari kreativitas kidsjamannow, yang memiliki segudang ide, inovasi dan hal baru yang mampu meluluhlantakan bisnis konvensional.

Nah FM World sebagai Perusahaan direct selling terbesar di Dunia, adalah salah satu perusahaan yang model pemasarannya sesuai dengan kidsjamannow dengan memanfaatkan teknologi digital dan aplikasi dalam memasarkan produk parfumnya. Beda dengan bisnis direct selling konvensional yang dalam melakukan pelatihan kepada distributor dengan tatap muka saja, namun dibisnis FM World, pertemuan bisa dilakukan dengan media internet (webinar), bisa juga dilakukan di cafe-cafe untuk sharing bisnis FM, semua tools untuk Anda maju dan berkembang dibisnis ini sudah disediakan oleh perusahaan. Bagi Anda yang ingin maju dan ingin membangun Aset bersama FM World, segera bergabung dan dapatkan berbagai reward, income dan karir bersama FM. Sukses selalu dan salam wangi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebangkitan Bisnis Generasi Millenial atau Bisnis KidsJamanNow"

Posting Komentar