Kedahsyatan Formula Hukum Pareto Dalam Bisnis Yang Kadang Tidak Anda Sadari


Salamwangi.biz - Ketika memperkenalkan bisnis FM, banyak sekali pertanyaan yang ditujukan kepada saya oleh calon mitra bisnis, salah satunya adalah untuk mencapai level atau karir tertentu di FM kira-kira berapa banyak mitra bisnis yang bergabung dengan team Anda?  Berapa total omzetnya per bulan? Sebuah pertanyaan yang menurut saya gampang-gampang susah untuk dijawab, karena banyak hal yang mempengaruhinya. Bukan masalah banyak atau tidaknya team bisnis dijaringan kita, tapi seberapa efektif team bisnis kita secara optimal dalam melakukan presentasi penjualan, merekrut distributor baru, melakukan pembinaan, serta melakukan promosi dalam mengembangkan bisnis parfum FM.

Kalau Anda pernah mendengar Teori Hukum Pareto, secara singkatnya berapapun jumlah team bisnis Anda, misalnya 500 orang, 1000 orang bahkan 10.000 orang misalnya, hanya 20% dari total orang tersebut yang mempengaruhi 80% total omzet penjualan Anda. Disini sebagai Leader Anda diharapkan mampu membina orang-orang yang 20% tadi yang memiliki andil 80% terhadap total omzet penjualan Anda. Jadi tidak menjamin banyak sedikitnya orang dalam team Anda, tetapi seberapa aktif dan efektif team dalam jaringan Anda menghasilkan 80% total omzet penjualan Anda.

(Jenjang karir di FM World, Business Plan 1)

Saya ilustrasikan begini, dari total 1000 customer yang saya telpon ternyata hanya ada top 200 customer yang membeli produk saya, dan ketika saya analisis ternyata 200 orang customer tersebut yang memiliki andil 80% dari total omzet yang saya hasilkan. Tugas saya adalah membina dan menjalin hubungan baik dengan 200 top pareto customer tersebut agar omzet tidak menurun sambil mencari peluang baru untuk menemukan customer baru. Jadi dapat saya simpulkan untuk menjadi Golden Magnolia 21% di FM World Indonesia dengan penghasilan 10-12 juta per bulan bisa saja memiliki mitra bisnis 300 orang, 500 orang atau 1000 orang tidak ada jumlah yang pasti, semua tergantung omzet yang dihasilkan pada jaringan penjualan yang Anda bangun. 

Percaya atau tidak hukum pareto yang diperkenalkan oleh Vilfredo Pareto seorang ekonom dari Italy pada kurun waktu tahun 1848-1923 ini menjadi acuan bagi kita untuk melakukan perencanaan, tindakan, strategi dan eksekusi bagi bisnis yang kita jalani, sehingga kita bisa memaksimalkan diri, memaksimalkan tenaga dan waktu untuk kesuksesan di bisnis parfum FM. 

Hukum Pareto bisa kita terapkan di bisnis parfum FM, saran saya adalah fokus lah pada proses, fokus pada support sistem sebagai investasi jangka panjang, jangan terlalu fokus pada profit. Profit memang dibutuhkan akan tetapi jika Anda menjalankan bisnis FM dengan mengikuti support sistem yang ada, berarti Anda sudah menginvestasikan yang 20% tadi dan tentunya akan menghasilkan income untuk jangka panjang. 

(Jenjang karir di FM World, Business Plan 2)

Kaitannya dengan hukum pareto tadi, untuk mencapai target income yang kita harapkan lakukan secara konsisten hal berikut ini:

1. Fokus lah pada 20% mitra bisnis (networker) yang serius dan memiliki kesamaan visi dengan kita, lakukan pembinaan dan jadilah seorang leader yang bisa membantu dan menjadi solusi kesulitan yang meraka hadapi. Cara ini akan lebih efektif, menghemat waktu dan tenaga, jika dilakukan secara konsisten akan memberikan hasil yang optimal.

2. Luangkan waktu Anda untuk memberikan informasi promosi/diskon produk pada 80% mitra bisnis yang biasanya mereka hanya jadi user, reseller atau dropshiper saja. Meski demikian mereka bisa membantu menopang omzet bisnis Anda, walaupun omzetnya tidak sebesar Mitra Bisnis yang 20% tadi (networker).

Bagaimana, menarik bukan? Anda siap memaksimalkan potensi yang ada dalam diri Anda dengan bergabung bersama saya berbisnis parfum FM, silahkan hubungi saya di kontak website ini. Salam wangi dan sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kedahsyatan Formula Hukum Pareto Dalam Bisnis Yang Kadang Tidak Anda Sadari"

Posting Komentar