Manfaat Tersembunyi Kapulaga, Rempah Penghasil Aroma Parfum


Salamwangi.biz - Kapulaga adalah sejenis tanaman rempah-rempah berasal dari India. Manfaat kapulaga sudah terkenal di berbagai negara seperti India dan arab, rempah ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kanker.

Selain sebagai bumbu dapur, rempah-rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk sariawan, masalah pencernaan, dan bahkan depresi.

Manfaat kesehatan lain dari kapulaga termasuk perlindungan gastrointestinal, mengontrol kolesterol, mengendalikan kanker, mengobati masalah kardiovaskular, dan peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh.

Kapulaga biasanya dipergunakan untuk bahan penyedap masakan dan kue. Di Indonesia banyak ditanam di Jawa barat dan jawa tengah.

Kapulaga yang bentuknya lebih besar, disebut Kapul putih, bijinya berguna sebagai obat, akarnya direbus untuk diminum menyembuhkan kejang perut. Sedangkan bila bijinya dihaluskan ditambah air bisa untuk obat gosok (risnarahmayanti.wordpress.com).

Kapulaga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain meringankan sakit kepala, sakit batuk dan radang tenggorokan, mencegah tulang keropos, meringankan sakit rematik, mencegah sakit lambung, dan lain-lain.

Karena manfaatnya yang banyak, para peneliti meramu dan meracik rempah ini kedalam aroma parfum. Kapulaga mempunyai aroma harum yang sangat khas dan mempunyai kandungan minyak atsiri yang tinggi. Oleh karena itu, selain untuk masakan, aroma dari kapulaga juga banyak digunakan dalam industri parfum dan bahan pewangi. Biasanya parfum yang mengandung Kapulaga dijual dengan kategori aroma Woody, bisa juga kombinasinya, misal aroma woody-fruity, chypre-ambergris, floral-oriental, oriental-woody, fougere-fern dan lain-lain.

Contoh Parfum FM by Federico Mahora yang komposisi notesnya Kapulaga adalah Utique Bubble, Pure Royal Men FM 199, Pure Royal Men FM 195, Pure Women FM 239, Pure Women FM 425, Pure Men FM 465, Pure Men FM 451, Pure Men FM 43, Pure Men FM 474, Pure Men FM 110, Classic Women FM 132, Classic Women FM 239, Classic Men FM 451, Classic Men FM 110, Classic Men FM 302, dan Luxury men FM 326.

Nah sekarang bukan hanya di masakan saja kita bisa menikmati aroma rempah Kapulaga. Kita bisa nikmati juga dalam sebotol cairan ajaib yang disebut Parfum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tersembunyi Kapulaga, Rempah Penghasil Aroma Parfum"

Posting Komentar