Sekilas Pengetahuan Tentang Parfum


Salamwangi.biz - Dalam berinteraksi dengan orang lain penting untuk kita menjaga agar tubuh tidak mengeluarkan aroma tak sedap. Terutama dengan wanita, mereka sangat menyukai pria yang harum, karena ini berarti pria tersebut respect terhadap dirinya sendiri. Berhubung pada saat ini saya sedang mengeluti di bisnis " Parfum Federico Mahora" ada sedikit yang saya tau tentang parfum, maka pada artikel kali ini saya akan membahas info yang berhubungan dengan fragrance/perfume, sebagai pengetahuan untuk anda atau me-refresh kembali bagi anda yang telah mengetahuinya. Sekarang saya mengerti ternyata parfum itu seperti alunan musik lho guys!

Jika musik terdiri dari not-not nada, maka parfum tersusun dari not-not wewangian (Fragrance note), seperti berikut ini:

Head Note atau Top Note

Not atas inilah yang bertanggung jawab memikat hati pemiliknya. Biasanya, aroma ini bertahan 10-15 menit sejak parfum disemprotkan. Wangi awal ini secara umum ringan, lembut, dan mudah menguap. Not-not aromatic (seperti lavender, anis) atau citrus (seperti lemon, bergamot, jeruk mandarin, jeruk bali dan sebagainya) biasanya diposisikan disini.

Heart Note atau Midlle Note

Not-not pada bagian ini membentuk inti atau bagian utama wewangian, dan biasanya menentukan karakter parfum dan kelompok wewangiannya. Aroma ini berkembang setelah 20 menit parfum diaplikasikan ke kulit dan bisa bertahan hingga 2 jam. Lapisan ini juga bertugas menutupi kesan pertama pada head note yang sering kali tak menyenangkan. Not bunga-bungaan, rempah atau green banyak dijumpai pada lapisan tengah ini.

Base Note

Base Note membawa kedalaman dan soliditas sebuah parfum. Lapisan ini juga menjadi penguat parfum dan bersama Head Note membentuk tema utama sebuah parfum. Not dasar ini biasannya tersusun dari not yang kuat, dalam, intens, dan balsamic.

Aroma parfum ini mulai tercium sekitar 30 menit sejak parfum disemprotkan dan bisa bertahan berjam-jam.

Not yang umum ditemukan disini antara lain :

Kayu-kayuan seperti lumut (moss), nilam, cedar, cendana.

Animalik seperti musk, dan ambergris.

Balsamic seperti vanilla, tonka bean, heliotrope.

Karena inilah, saat memilih parfum anda dianjurkan untuk mencoba hingga aromanya berkembang sempurna. Jangan putuskan membeli terburu-buru hanya karena kesan pertama, karena parfum akan mengalami perubahan aroma dari waktu kewaktu.

Nah kalau diatas kita sudah bicara tentang fragrance note, sekarang kita akan berbicara tentang kadar wewangian. Dalam dunia parfum ada perbedaan kadar wangi parfumnya guys, diantaranya :

" Eau De Cologne" kadar wanginya  3-5%

"Eau De Toilet" kadar wanginya  10%

"Eau De Parfum" kadar wanginya 16%

"Parfum" kadar wanginya  20 %

"Hot" kadar wanginya 24-30%

Semakin tinggi kadar wewangian suatu parfum, maka makin intens wanginya, makin lama wanginya bertahan pada kulit, makin panjang usia parfum tersebut.

Selain kita tahu tentang kadar wanginya suatu parfum, kita harus tahu juga gimana caranya memakai parfum agar tahan lebih lama?  Ini dia jawabannya!

Terapkan Wewangian ke daerah-daerah pada tubuh dimana darah mengalir dekat dengan permukaan kulit, juga dikenal sebagai titik-titik nadi. Ini akan membantu mengabadikan aroma.

Titik nadi pada tubuh terletak dibagian dalam pergelangan tangan, belakang leher, lipatan siku, belakang lutut, bagian dalam pergelangan kaki, dada ( antara payudara) serta pusar. Titik -- titik ini merupakan area-area terhangat dengan aliran darah maksimal pada tubuh. Semprotkan parfum ke area-area ini karena bau harum diaktifkan oleh hangat tubuh dan menghasilkan lebih banyak molekul aromatic ke udara.


Perhatikan 7 hal berikut ini, agar parfum anda bertahan lebih lama:

Mandi

Mandilah sebelum menggunakan parfum. Parfum akan bertahan lama pada kulit yang lembab. Selain itu, setelah mandi kulit berada dalam keadaan bersih sehingga penetrasi wewangian ke kulit akan lebih baik dibanding Anda semprotkan dalam keadaaan panas, kotor, berkeringat.

Jarak dan Area

Semprotkan dari jarak 20-25 cm. Menyemprotkan ke area yang lebih luas akan membantu wewangian bertahan lebih lama dibanding mengaplikasikan parfum dalam banyak di area yang lebih kecil.

Kulit

Orang dengan kulit cenderung kering, disarankan untuk menggunakan body lotion tanpa aroma atau yang searoma dengan parfum pada titik-titik nadi di atas.

Mengapa? Karena kulit lembab akan menahan kunci untuk  aroma dalam waktu lebih lama. Tunggu satu dua menit sampai lotion kering, lalu semprotkan parfum.

Orang dengan kulit berminyak atau kombinasi dianjurkan menggunakan bedak tabur wangi untuk membantu mereka menikmati aroma wangi lebih lama.

Jangan digosok atau diusap

Kesalahan besar  yang dilakukan banyak orang adalah menghapus / menggosok parfum setelah disemprotkan. Jangan lakukan ini karena akan merusak molekul dan membuat wanginya cepat menguap ke udara (tidak tahan lama). Biarkan parfum mengering dengan sendirinya.

Melapis Aroma

Melapis aroma merupakan salah satu teknik kunci untuk membuat wangi parfum lebih tahan lama. Bangun lapisan wewangian pada kulit dengan menggunakan satu aroma dalam ragam bentuk : sabun mandi atau shower gel, krim atau lotion, bedak dan parfum.

Tertutup lebih baik

Karena udara perlahan mencuri aroma parfum, pastikan lengan baju anda menutupi pergelangan tangan anda. Titik-titik panas lain juga harus ditutupi.

Teknik ini akan mempertahankan aroma sepanjang hari dan sangat ideal ketika bepergian dalam jangka waktu panjang, seperti perjalanan bisnis.

Tips Lain

Kita bisa menyemprotkan parfum ke udara dan berjalan ke dalamnya. Ini membantu mendistribusikan aroma parfum seluruh tubuh. Jika ini kita melakukan dengan berpakaian lengkap, pastikan tidak memakai sutera. Parfum dan cologne bisa menodai bahan sutera.

Khusus perempuan : kita bisa memakai kapas bola kecil yang disemprot dengan parfum dan meletakkannya di dalam bra untuk kesan wangi tahan lama. Ini juga baik untuk menghindari iritasi karena keringat di daerah antara payudara.

Sedikit lebih baik terutama jika kita menghindari acara dimana banyak orang dan tidak ingin aroma kita menjadi yang "cetar membahana" di antara yang hadir.

Sekian,

Semoga bermanfaat buat kita semua, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan Pastikan anda tidak salah pilih parfum.




Sumber : e-book Parfum by Hikmah Ubaidillah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Pengetahuan Tentang Parfum"

Posting Komentar