Hubungan Antara Fashion dengan Parfum, Ibarat Saudara Kembar Yang Tidak Terpisahkan

(Image from www.fmworld.com)
Secara awam apabila bicara tentang Fashion, pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah ragam model baju, designer baju atau lenggak lenggok para model diatas Catwalk, padahal banyak hal yang terkait dalam dunia fashion, seperti penata gaya, penata rambut, prediksi trend, trend analyst, trend sepatu, tas dan lain-lain dan pastinya dunia fashion berkaitan erat dengan wewangian.

Dalam dunia wewangian, juga ada designernya, para designer parfum mereka merakit, meramu, menciptakan beragam aroma yang akan diproduksi baik untuk umum atau mungkin design khusus untuk para bangsawan dan kerajaan.

Bicara mengenai Fashion dan Parfum ternyata keduanya seperti "Saudara Kembar" tidak dapat dipisahkan. Sebelum membahas lebih jauh, yuk kita cek sejarah fashion:

▶️ Berdasarkan sejarah perkembanganya, fashion merupakan suatu lambang dari terjadinya fase perubahan budaya dalam suatu kelompok.

▶️ Fashion juga bisa menjadi ukuran untuk menentukan status sosial dan lain sebagainya.

▶️ Pada awal tahun 1000 Masehi, fashion di Eropa bergaya klasik dengan ciri khas seperti baju berukuran besar. Hal ini tidak terlepas dari adat dan budaya Eropa pada masa itu, yang menjunjung tinggi nilai kesopanan.

▶️ Pada zaman modern sekarang ini, nyaris setiap bangsa dan negara seperti sedang berlomba-lomba menciptakan trend-nya masing-masing. Umumnya, setiap negara memiliki ciri khas, presepsi dan pandangan yang berbeda mengenai fashion. Sehingga perkembangan desain fashion juga menjadi tidak terbatas.

▶️ Fashion yang dimiliki setiap orang berbeda beda & Umumnya tidak sama.
Info tambahan : Batik Menjadi Ciri Khas Fashion Indonesia & sekarang menjadi warna baru di Fashion Dunia.

Image from www.fmworld.com)
Lalu apa Hubungannya Fashion dengan Parfum?

▶️ Jika melihat sejarah Parfum, 3000 Masehi Parfum menunjukan status sosial. Karena hanya bangsawan dan raja-raja saja yang bisa memakai Parfum saat itu.

▶️ Setiap Bangsa / Negara saat itu punya ciri khas masing-masing, Bangsa Romawi, Bangsa Yunani, Bangsa Arab. Ada yang menggunakan Parfum untuk Pemujaan, untuk Pengobatan, untuk Pemandian, untuk perawatan kulit dan lain-lain.

▶️ Sekarang sudah banyak Designer Parfum berlomba-lomba membuat Aroma yang Unik & Banyak disukai orang. Contohnya sudah banyak aroma makanan di parfum (Misal ada aroma roti, aroma pannacotta, dan lain-lain).

Fashion erat kaitannya dengan gaya berpakaian/baju, jujur saya tidak begitu paham soal Fashion. Namun yang saya tahu, Setiap Kegiatan atau Event, baju yang kita gunakan bisa berbeda-beda menyesuaikan kegiatan yang kita lakukan, misalnya:

- Di Acara besar/Resmi bisa menggunakan Batik, Kebaya atau Dress/Jas.

- Berkumpul sama Teman, Baju yang kita kenakan pun berbeda, lebih Casual.

- Berolahraga pun bajunya yang nyaman dipakai & Sporty.

- Lagi Naik Gunung pun Baju dan kelengkapan lainnya di sesuaikan

- Lagi tidur pun bajunya beda juga ya kan? Jangan pakai Kebaya yang ada tidak nyaman tidurnya.

- Ke Kantor baju lebih formal seperti Kemeja

Nah ini kalau soal baju, Kalau parfum gimana? tadi saya katakan seperti "Saudara Kembar".
Ya pastinya pakai Parfum pun berbeda-beda setiap kegiatan/eventnya. Mau ke kantor, mau olahraga, mau ke acara besar/resmi, mau ngumpul sama teman bahkan mau tidur pun ada parfumnya juga. Aroma parfum yang dipakai juga berbeda jenisnya, menyesuaikan aktivitas kita.

Mungkin atau banyak juga orang yang sampai sekarang pakai aroma parfum hanya satu jenis saja, karena udah suka dan jadi identitasnya (personal identity). Akan tetapi sebenarnya hal tersebut keliru karena seperti halnya baju, aroma juga bisa disesuaikan dengan mood kita. Misal hari ini kita mau pakai Jas untuk ke Pesta, begitupun parfum, mood kita mau pakai aroma apa hari ini. Bahkan kalau kita punya lebih dari satu botol parfum, kita bisa semprot bersamaan (layaknya baju bisa di Mix & Match) untuk mendapatkan aroma yang diinginkan, bisa kita semprot aroma Woody & Aroma Bunga secara bersamaan misalnya.

Nah jadi setuju kan kalau fashion dan parfum seperti saudara kembar yang tidak terpisahkan? Jadi fashion dan aroma parfum sangat menentukan identitas dan kepercayaan diri Anda. Salam Wangi.

*) Terinspirasi tulisan Julia Hafidzah (Golden Magnolia 21%)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan Antara Fashion dengan Parfum, Ibarat Saudara Kembar Yang Tidak Terpisahkan"

Posting Komentar