5 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bisnis dari Muda


Bukan hal baru lagi bila, meraih pekerjaan yang sesuai dengan passion tidaklah mudah. Terutama untuk kamu yang baru lulus sekolah atau kuliah, karena saat-saat itu kamu belum memiliki pengalaman yang cukup di dunia kerja. Tak jarang kamu harus rela bekerja dimana saja, sebelum menemukan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan keinginanmu.

Tapi kalau memang memaksakan diri untuk bekerja di mana saja tidak bisa kamu lakukan, maka alternatifnya adalah menjadi seorang pengusaha. Membangun bisnis sendiri dapat memberikan kebebasan dan otonomi yang tidak bisa kamu dapatkan bila bekerja secara konvensional. Masih ragu menjadi pengusaha? Untuk itu berikut alasan kenapa kamu harus belajar berwirausaha.

1. Mengantisipasi Kehilangan Pekerjaan

Di negara kita sendiri, Indonesia. Jumlah lapangan pekerjaan sudah tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja. Pada tahun 2013 saja 600.000 sarjana Indonesia tercatat menjadi pengangguran. Realita ini juga menjelaskan bahwa memiliki pendidikan tinggi tidak selalu mudah mendapatkan pekerjaan.
Solusinya, mulailah belajar membuka bisnis sendiri sedari muda, cara ini dapat memperkecil kemungkinanmu kehilangan pekerjaan. Selain itu menjadi pengusaha juga akan membuat kamu jadi pribadi yang lebih mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain, terutama dalam hal penghasilan.

2. Memberi Kekuasaan dan Kebebasan

Tidak ada lagi sistem kerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Kamu pun tak perlu pusing memilih busana kerja apa yang harus dikenakan hari itu.

Dengan berwirausaha dari muda, tandanya kamu membiasakan diri menjadi pemimpin. Kekuasaan dan kebebasan sebagai semacam ini, tidak akan kamu dapatkan bila bekerja di perusahaan orang lain. Jadi masih mau jadi karyawan?

3. Lebih Disiplin

Ketika bekerja dengan orang lain, kamu selalu dituntut untuk bekerja keras demi menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Kadang saat kinerjamu tengah menurun, perusahaan bisa memakluminya, tapi tidak begitu bila kamu menjalankan bisnis yang dibangun sendiri.
Karena kamu pemegang kekuasaan terbesar di perusahaan, maka mau tak mau kamu harus memegang kendali penuh terhadap perusahaan, dan masa depan bisnis semuanya ada di tanganmu. Untuk itu bersikap Konsistensi dan disiplin sangat diprioritaskan dalam berwirausaha.

4. Bermanfaat Untuk Orang Banyak

Hidup akan jauh lebih berarti bila kamu bisa bermanfaat untuk orang banyak dan berwirausaha akan memberimu kesempatan untuk hal ini. Melalui bisnis kamu bisa memberi peluang kerja untuk orang lain.

Pada dasarnya membangun bisnis bukan hanya soal menghasilkan uang saja. Tapi juga memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki untuk memberikan kebaikan kepada orang-orang yang ada di sekitarmu.

5. Lebih Menghargai Uang

Kalau kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri, kamu akan sadar bahwa uang tidak bisa begitu saja datang ke rekeningmu. Harus ada kerja keras dan usaha untuk mendapatkannya. Oleh karena itu belajar berwirausaha dari muda akan membentuk kamu jadi pribadi yang lebih menghargai uang. Karena kamu tahu bahwa uang tidak datang setiap bulan hanya dari duduk manis di meja kantor.

Jadi kawan, sambil bekerja kita juga tetap harus membangun bisnis yang kita miliki saat ini yah...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bisnis dari Muda"

Posting Komentar