6 Trik Menjual Agar Meledakan Profit

Sumber gambar: Buku 30 hari jago jualan
"Gengsi tidak membuat Anda kaya, namun jika Anda kaya Anda Bergengsi. Syarat mutlak untuk kaya adalah MENJUAL" (Bong Chandra). "Jualan terus, rejeki mulus" (Dewa Eka Prayoga). Itulah kira-kira ungkapan yang saya kutip dari motivator dan praktisi penjualan yang cukup dikenal dikalangan entrepreneur. Nah kalau Anda sudah tahu menjual itu membuat Anda berkelimpahan dan berkah, mengapa tidak memulai menjual dari sekarang? 
Menjual itu harus tahu ilmunya, pengalaman saya selama bertahun-tahun sebagai seorang tenaga penjual membawa saya ingin terus mendalami dunia penjualan. Tentu trik dan tekniknya berbeda, coba Anda perhatikan penjual sayuran di pasar dengan penjual professional disuatu perusahaan, meski sama-sama penjual tetapi memiliki perbedaan yang nyata, letak perbedaannya adalah pada teknik dan triknya dimana penjual professional lebih taktis dan sistematis dalam menjual karena mereka tahu ilmunya, mereka dilatih dan diasah skillnya terus-menerus oleh perusahaan, sehingga menjadi penjual yang handal.
Baik berikut saya share 6 trik menjual agar Anda berhasil:
1. Membangun Kepercayaan dengan Pelanggan (build trust)
Personal branding sangat penting bagi Anda sebagai penjual. Personal branding bisa dibentuk melalui sikap ramah, sikap positif, sikap melayani dengan tulus kepada pelanggan Anda. Personal branding akan meningkatkan kepercayaan (trust) dan membangun kedekatan dengan pelanggan Anda (Relationship), sehingga proses penjualan akan berlangsung lebih mudah.
2. Mencairkan Suasana
Sebagai seorang penjual Anda dituntut mampu mencairkan suasana kaku menjadi suasana Rileks. Hal tersebut penting agar tercipta komunikasi yang nyaman antara Anda & pelanggan. Disini pentingnya Anda harus harus memahami karakter Manusia, sehingga Anda memahami tipe orang seperti apa pelanggan Anda.
3. Gali Kebutuhan Pelanggan (uncovering needs)
Ini penting, gimana Anda mau menjual jika Anda tidak tahu apa yang diinginkan pelanggan dari produk Anda. Kalau need-nya sudah tahu saya yakin akan memperpendek proses closing. Bisa Anda gunakan pertanyaan-pertanyaan yang efektif untuk menggali kebutuhan pelanggan Anda.
4. Cari Solusi (give solution)
Dalam menggali need pelanggan Anda, biasanya dalam proses penjualan akan terjadi keberatan (barrier) dari pelanggan Anda. Misal karena harganya mahal, saya sarankan jangan berdebat dengan pelanggan Anda, carilah solusinya. Buat Anda merasakan seperti yang pelanggan rasakan sekarang (feel), berikan solusi efektif agar pelanggan membeli produk Anda.
5. Buat Komitmen (Closing)
Ini adalah INTI dari penjualan, artinya ketika Anda melewati tahapan diatas, jangan lupa untuk membuat calon pelanggan Anda berkata YA. Usahakan gunakan pertanyaan tertutup yang efektif sampai pelanggan Anda berkata YA, dan membeli produk Anda.
6. After Sales (follow up)
Ini juga tahapan yang sangat-sangat penting, karena tahap ini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan order kembali (repeated order) dari pelanggan Anda. Tanyakan apakah produknya sudah sampai, apakah puas dengan Aromanya (jika Anda menjual parfum). Intinya Anda harus memperhatikan layanan purna jual, karena tidak menutup kemungkinan pelanggan akan kembali kepada Anda, atau malah merekomendasikan teman, kerabatnya, dari mulut ke mulut untuk membeli melalui Anda.
Jika Anda konsisten mempraktekan tahapan diatas, bukan mustahil pundi-pundi dollar akan terus mengalir ke rekening Anda :) Happy Selling!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Trik Menjual Agar Meledakan Profit"

Posting Komentar