Bunga Saffron, Rempah Termahal di Dunia dalam Sebotol Parfum

(Pic by pesonataman.com)

Bunga Saffron atau dikenal dengan nama lainnya Kuma kuma (Crocus sativus) yang menghasilkan Saffron sebagai Rempah termahal saat ini, berkisar $4000 - $11.000/Kg (sekitar 60juta - 150 juta rupiah/Kg). Saffron hingga kini bertahan sebagai komoditas rempah dengan timbangan berat yang termahal di dunia selama beberapa dekade.

Saffron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum seperti iodoform atau rumput kering yang disebabkan zat kimia bernama picrocrocin dan safranal. Safron mengandung crocin, salah satu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan menjadi kuning keemasan. Warna kuning terang saffron menjadikannya sebagai rempah-rempah yang paling banyak dicari orang di dunia (wikipedia.com).

Sejak zaman dahulu Manfaat dan Khasiat Bunga Saffron memang sudah dipercaya untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Diantaranya ialah untuk merawat kecantikan kulit, sebagai rempah dalam masakan, bahan campuran dalam minuman, penghasil aroma, mempercepat penyembuhan luka, mencegah hipertensi, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi.

Bunga Saffron, Saffron, Parfum Termewah, Parfum termahal
(Pic by @sriwahyuni_nimade)

Di Mesir, Cleopatra mencampurkan saffron ke dalam air mandi agar lebih bergairah. Ahli pengobatan tradisional di Mesir menggunakan saffron sebagai obat untuk semua penyakit gastrointestinal. Saffron juga digunakan sebagai pewarna kain di kota-kota Timur Tengah seperti Sidon dan Tyre. Alexander Agung mencampurkan safron dalam minuman, makanan, air mandi, dan bahkan sebagai obat untuk luka yang diderita akibat pertempuran. Pasukan yang dipimpinnya juga ikut-ikutan sebagai pengguna saffron dan kebiasaan mencampur safron ke dalam air mandi ikut dibawa pulang ke Yunani (diolah dari berbagai sumber).

Saffron juga dipakai dalam pembuatan formulasi kosmetik, termasuk Parfum. Niche parfum salah satunya menggunakan saffron sebagai bahan dasarnya. Niche parfum adalah parfum yang menggunakan komposisi unik dan jarang digunakan di parfum yang diproduksi secara massal. Tingkat kompleksitas dalam memproduksi niche parfum sangat tinggi. Hal inilah yang membuat niche parfum dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan parfum yang diproduksi secara massal.

Niche parfum tidak mudah Anda temui di toko parfum yang menjual produk Parfum biasa dan biasanya hanya dijual dalam Boutique terkenal, parfum ini tidak ber iklan, namun hanya mempromosikan melalui artikel dan wawancara di media terkemuka. Iklan terbaik bagi niche parfum adalah reputasi.

Saffron adalah salah satu komposisi bahan-bahan termahal yang digunakan dalam niche parfum FM World, yaitu Parfum Utique Gold, Utique Black dan Utique Muffin. Itulah kenapa parfum Utique dari FM World sangat Premium karena mengandung bahan baku yang berkualitas tinggi dan memiliki aromanya yang tidak pasaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunga Saffron, Rempah Termahal di Dunia dalam Sebotol Parfum"

Posting Komentar