12 Langkah Sukses Memulai Bisnis dari Nol


Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata bisnis? Terasa asing kah ditelinga atau malah sebaliknya saat ini Anda sebagai pelaku usaha/bisnis? Kalau iya selamat ternyata Anda memiliki keberanian untuk berbisnis disaat kebanyakan orang merasa nyaman dengan keadaannya sekarang bekerja dengan orang lain.

Berbisnis harus dilakukan sejak dini, jika Anda seorang Mahasiswa harus memulai berbisnis, berbisnis sejak dini akan melatih tidak ketergantungan dengan orang tua, belajar mandiri dengan membangun bisnis kecil-kecilan hingga menjadi besar.

Ini yang menjadi alasan kenapa kita harus berbisnis:
  1. Ingin memiliki kebebasan waktu
  2. Ingin memiliki kebebasan finansial
  3. Sebagai ajang ekspresi diri
  4. Mengasah jiwa kewirausahaan
Wah pastinya alasan diatas sangat logis ya sobat wangi? Lalu bagimana langkah awal memulai bisnis dari nol? Yuk kita bahas step-stepnya :)

#Step 1 Mulai dari Modal Yang Minim

Pada step ini intinya adalah modal berasal dari uang saku, mulai dari yang kita punya, jangan memaksakan untuk berhutang dan jangan memaksakan modal besar. Bahkan saat ini banyak usaha yang dijalankan tanpa Anda membutuhkan modal sama sekali, dengan menjadi Makelar Property, Dropshiper, dan lain sebagainya.

#Step 2 Tahu Produk Apa yang akan Dijual dan Membangun System.

Jangan asal jual, jangan asal ikut tren, jangan asal ikut-ikutan, jangan asal dapat duit. Sebab bisnis bukan sekedar jualan, tapi bagaimana membangun SYSTEM.


System akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, buat system ini yang bekerja untuk Anda, System akan terus berjalan meski Anda tidak campurtangan secara langsung terhadap bisnis Anda.

#Step 3 Tahu Produk Apa yang sedang Dijual

Miliki produknya dan rasakan sendiri manfaatnya. Pelajari produknya dengan baik, survey kepuasan pembeli, berikan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Camkan baik-baik bukan sekedar untung saat ini. Sebab bisnis bukan untung jangka pendek, tapi untung jangka panjang.


#Step 4 Memantaskan Harga Produk

Pastikan Anda mengetahui harga produk yang Anda jual dan Target market yang akan Anda bidik. Misalnya Anda menjual produk-produk perawatan kulit, tentunya target market Anda adalah para wanita muda atau wanita dewasa yang peduli akan penampilan, tidak menutup kemungkinan target market Anda adalah para Pria, karena pria jaman now sudah peduli akan penampilan. Nah kalau sudah tahu target market Anda pastinya sesuaikan harga yang Anda berikan agar produk Anda menjangkau daya beli mereka.

#Step 5 Tahu Bagaimana Memperlakukan Bisnis

Pada step ini Anda dituntut untuk membuat pelayanan yang berbeda, buat produk Anda terlihat istimewa, rasakan dan jadilah konsumen sendiri atas produk yang Anda jual, sempurnakan pola Anda berjualan atau berbisnis. Jangan cepat puas jika produk Anda hanya laku satu dan jangan cepat bahagia jika produk Anda laku banyak, selalu upgrade skill Anda, Catet!


Saran saya meskipun bisnis Anda kecil, atau memulai bisnis baru, Anda harus tetap membuat Business Plan, ini kece benget loh he..he..he...

#Step 6 Catat Hal Kecil Sebelum Mensejarahkan Hal besar

Jangan abaikan database Anda meski hanya 1 pelanggan, buat pencatatan keuangan yang rapi, komunikasi berawal dari hal yang remeh temeh namun menyenangkan, catat setiap masalah dan cari solusi sejak awal. Sebab dalam bisnis penuh dinamika yang tidak bisa Anda bayangkan. Jadilah PENCATAT ulung dan PENYEMPURNA langkah setiap saat.

#Step 7 Miliki Target yang Jelas Atau TIDAK BERBISNIS Sama Sekali

Target mau laku berapa produk per bulan? Targetkan omzet bulanan berapa? Targetkan balik modal kapan? Bisnis tanpa target ibarat menunggu kematiannya perlahan-lahan.

Dengan memiliki target yang jelas akan memacu semangat Anda meningkatkan omzet penjualan.

#Step 8 Miliki KOMUNITAS Bisnis

Komunitas bisnis penting Anda harus punyai, bukankah nasib Anda ditentukan oleh beberapa teman terdekat Anda? Komunitas bisnis memiliki peranan penting sebagai wadah yang memiliki kesamaan minat, kesamaan profesi dan kesamaan visi dan misi dalam membangun bisnis.


Keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan bergabung dikomunitas bisnis sebagai berikut:

1. Komunitas bisnis akan men-charge energi Anda.
2. Komunitas bisnis membuat ilmu/pengetahuan Anda bertambah.
3. Komunitas bisnis membuat semangat bertambah. Semakin bergaul, semakin bersemangat membangun bisnis.
4. Komunitas bisnis menjadi wadah pertemuan antar anggotanya sebagai sharing pengalaman, update informasi, dan ajang berbagi strategi dibisnis yang dijalankan.

#Step 9 Siapkan MENTAL Positif

Bisnis itu tidak sulit tapi juga tidak mudah, bisnis itu tidak berat tapi juga tidak ringan, bisnis itu tidak selalu menyelesaikan masalah tapi juga bukan berarti menambah masalah. SelaluPersiapkan MENTAL Anda! Sudah selayaknya sebagai pebisnis Anda harus memiliki sikap mental yang Positif.

#Step 10 Anda Sedang Berada di Kolam Ikan?

Banyak cara dan strategi menciptakan kolam ikan atau segmen yang menjadi target market Anda, beberapa diantaranya Tambah networking, Tambah Teman, Tambah Pasar, Tambah pelanggan dan lain-lain. Bukan hanya menunggu mereka datang? Ciptakan kolam ikan Anda!

#Step 11 Bisnis itu Siap Miskin, Ini Serius?

Banyak para enterpreneur sukses pada awalnya mengalami kebangkrutan, dari mengalami kerugian, terlilit hutang, sampai tidak memiliki aset apa-apa kecuali Otak. Jadi seorang pebisnis itu harus siap rugi, tapi juga harus siap sukses. Pebisnis sukses belajar dari kegagalan-kegagalan dimasa lalu, mereka belajar dan memperbaiki diri dari pengalaman-peengalaman yang didapat, sampai akhirnya mereka mempertahankan kesuksesan mereka.

Jadi bisnis itu ya harus Siap rugi? Siap habis-habisan? Siap tidak bergantung sama siapapun? Siap nggaaakkk..???

#Step 12 Miliki MIMPI Besar Meski LANGKAH Masih Kecil

Tentukan target yang ingin Anda capai, Tentukan ingin mendapatkan apa selama berbisnis, Tentukanlah saat ini juga!
Demikian 12 langkah yang harus Anda jalani jika ingin memulai bisnis dari nol, teori memang bagus dan terkadang sulit untuk dilakukan, akan tetapi jika Anda mempraktekan 12 langkah diatas setiap hari, yakin Anda menjadi pebisnis yang sukses. Yuk kita praktekan dari sekarang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Langkah Sukses Memulai Bisnis dari Nol"

Posting Komentar